Telaga Sarangan Yang Indah Dan Penuh Misteri

instaliburan.com - Hello Sobat Instagramable pastinya kalian tidak asing lagi dengan Telaga Sarangan ini. Yup Obyek wisata yang terletak di kaki gunung lawu ini memang terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Berada di ketinggian 1200 mdpl, dikelilingi pepohonan yang indah membuat suasana tempat ini menjadi sangat sejuk dan nyaman. Telaga ini memiliki luas sekitar 30 hektar dan terdapat sebuah pulau kecil di tengahnya yang menambah indahnya pemandangan telaga sarangan. Suhu udara di Telaga Sarangan ini mencapai 20 hingga 15 derajat celcius. Jadi sangat cocok buat sobat yang ingin melepas penat karena sibuknya kehidupan di perkotaan. Sehingga tidak heran jika Obyek Wisata ini mampu menyedot ratusan ribu pengunjung tiap tahunya.

Tiket masuk Telaga Sarangan tiap orangnya sebesar Rp 15.000. Disini Sobat dapat berjalan jalan mengelilingi Telaga Sarangan sambil menikmati pemandangan alam yang Instagramable. Namun, jika sobat ingin merasakan sesuatu yang berbeda, sobat dapat menyewa kuda untuk ditunggangi dengan tarif Rp 50.000 . Selain menikmati pemandangan alamnya yang indah, pengunjung juga dapat menaiki perahu motor untuk memutari telaga saragan. Namun Jika cuaca tidak mendukung maka tidak diperkenankan untuk menaiki perahu motor ini. Jika sobat tertarik, sobat bisa menyiapkan tarif sekitar Rp 60.000 untuk sekali putaran dan Rp 150.000 untuk tiga kali putaran. Untuk harga makanan dan souvenir yang diperdagangkan cukup murah. Sobat juga bisa bermalam di Telaga Sarangan dengan menyewa hotel dekat Telaga Sarangan. Ada banyak sekali hotel dengan harga bervariasi tergantung dari kelasnya. Namun perlu sobat ketahui, ada beberapa mitos dan misteri Telaga Sarangan.

1. Terdapat Ular Naga Raksasa Penunggu Telaga Sarangan.

Singkat cerita, ada sepasang suami istri yang bernama Kyai dan Nyai Pasir. Pada suatu hari, suami kelaparan karena tak kunjung dikirimi makanan oleh sang istri. Oleh karena itu dia mencari makan lain dan menemukan sebuah telur raksasa, yang kemudian dia makan hingga separuh bagian. Beberapa saat kemudian istrinya datang sambil membawa makanan dan memakan sisa telur hingga habis. Tak lama kemudian tubuh mereka menjadi panas dan mereka menceburkan diri ke dalam pancuran terdekat. Lambat laun mereka berubah menjadi naga raksasa yang mengeliat. Pancuran kecil tadi melebar dan menjadi telaga yang sekarang kita kenal dengan Telaga Sarangan ini. Mitos ini diceritakan oleh Mbah Supar Satrodiharjo, sesepuh Sarangan.

2. Misteri Ritual Ngebleng

Ritual ini diadakan setiap tahunya untuk menghormati Nyai dan Kyai Pasir, penunggu telaga tersebut. Tepatnya pada jumat kliwon bulan ruwah ritual ini dilakukan. Ritual ini dilakukan dengan cara malarung segala sumber pertanian dan peternakan. Selain ditujukan untuk menghormati roh leluhur, ritual ini bertujuan untuk tolak balak. Saat ritual berlangsung, aura mistis terasa sangat kental.

3. Kandasnya Hubungan Kekasih

Ada rumor mengatakan jika dua sejoli bercinta di Telaga Sarangan, maka akan terkena kutukan, yakni kandasnya hubungan kekasih. Dalam waktu dekat, hubungan mereka bisa putus di tengah jalan. Ada juga yang masih bertahan dan akhirnya menikah, namun tidak bisa menjalani kehidupan rumah tangga yang harmonis hingga mengakibatkan perceraian. Namun kutukan ini tidak berlaku bagi mereka yang sudah menjadi sepasang suami istri bermesraan di tampat ini. 

Instagram Post :


Lokasi Telaga Sarangan

Author:

InstaLiburan Adalah Sebuah blog yang menyediakan pengetahuan seputar dunia traveling dan berbagi destinasi wisata yang sangat di rekomendasikan.