Ranu Kumbolo Danau Indah Di Lereng Gunung Semeru

instaliburan.com - Hello Sobat Instagramable pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentanf Ranu Kumbolo. Bagi yang sering mendaki Gunung Semeru, pastinya sudah tidak asing dengan Obyek Wisata yang satu ini. Ranu Kumbolo adalah sebuah danau indah yang berada di lereng Gunung Semeru. Terletak pada ketinggian 2.400 meter diatas permukaan laut, Danau ini sering menjadi tempat peristirahatan para pendaki Gunung Semeru. Selain itu karena debit air yang melimpah, danau ini juga menjadi tempat favorit para pendaki untuk berkemah. Namun perlu sobat ketahui, perjalanan wisata menuju Ranu Kumbolo tidaklah mudah. Bahkan ada yang mengatakan perjalanan yang berat. Jadi kami sarankan bagi anda yang ingin mengujungi obyek wisata ini, paling tidak melatih fisik terlebih dahulu selama seminggu sebelum keberangkatan. Latihan fisik ini dapat berupa jogging, lari, gym dan olahraga lain untuk meningkatkan ketahanan fisik.

Selain fisik, sobat juga harus menyiapkan fotokopi KTP sebanyak 3 lembar, surat keterangan sehat dari dokter, dan sebuah materai. Di Ranu Pani nanti, sobat akan diminta melakukan registrasi dengan menunjukan kedua surat ini. Tujuanya untuk menjaga keamanan dan tindakan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Yang terakhir, yang harus sobat persiapkan adalah alat - alat pribadi sebelum mendaki, seperti jaket, kaos kaki, sarung tangan, masker, persediaan air, makanan dan lain lain. Yang terpenting adalah membawa persediaan air yang cukup. Tiket masuk ke Danau Ranu Kumbolo adalah sekitar Rp 10.000/orang. Dari pos pendaftaran di Ranu Pani, Sobat akan melakukan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh lima sampai tujuh kilometer melewati lereng bukit yang ditumbuhi Bunga Edelweiss. Meskipun tumbuh liar, sobat dilarang memetik bunga ini. Karena bunga ini termasuk bunga langka yang harus dilestarikan.

Kemudian sobat akan sampai di Watu Rejeng. Sebuah spot dengan batuan terjal yang indah. Selain itu, perjalanan sobat akan ditemani oleh pemandangan lembah dan bukit yang ditumbuhi pohon cemara dan pinus. Perjalanan ini akan memakan waktu hingga tujuh jam, tergantung kekuatan fisik sobat. Namun jika sobat kelelahan, terdapat 4 pos peristirahatan untuk sobat beristirahat. Setelahh sampai di Ranu Kumbolo, sobat dapat mendirikan tenda dan berfoto dengan view yang instagramable. Disamping itu, ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui saat berkunjung ke danau ini, yaitu:
  1. Air di Danau ini sangat jernih, sehingga dapat langsung diminum. Sobat juga dilarang mandi, buang air dan berenang di danau ini.
  2. Saat malah hari, suhu udara disini sangat dingin bahkan bisa mencapai minus 5 derajat celcius. Sehingga penting sobat membawa jaket khusus pendaki dan perlengkapan penghangat tubuh. 
  3. Dilarang meninggalkan sampah di lingkungan ini. Sehingga sobat harus membawa kantung plastik untuk tempat sampah. 

Instagram Post :


Lokasi Danau Ranu Kumbolo

Author:

InstaLiburan Adalah Sebuah blog yang menyediakan pengetahuan seputar dunia traveling dan berbagi destinasi wisata yang sangat di rekomendasikan.