Mitos Dan Fakta Masjid Tiban Malang

instaliburan.com - Hello Sobat Instagramable, mungkin sudah tidak asing lagi dengan obyek wisata Masjid Tiban Malang ini. Nama Masjid Tiban itu sendiri merupakan sebutan dari masyarakat sekitar yang berarti Masjid yang muncul secara ajaib dan tiba - tiba. Dari isu kemunculanya yang tiba tiba inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik mengunjungi Masjid Tiban ini. Kemudian muncul mitos - mitos yang berkembang di masyarakat tentang Masjid ini. Apa saja mitos yang telah berkembang di masyarakat tentang Obyek Wisata yang satu ini ? Berikut ulasanya.

1. Dibangun Tanpa Desain / Gambar Arsitektur

Pembangunan suatu bangunan biasanya membutuhkan suatu perencanaan berupa gambar desain dan arsitektur. Namun berbeda dengan Masjid yang satu ini. Pembangunanya berdasarkan petunjuk sang Kholiq melalui Sholat istikhoroh yang dilakukan oleh Romo Kiai Ahmad di masjid itu. 

2. Ruang Masjib Punya Khasiat

Pembangunan masjid selalu menunggu sholat istikhoroh Romo Kiai Ahmad. Seluruh pembangunan, hingga urusan ukuran kamar, ornamen, warna cat dan hiasan yang digunakan.Setiap kamar dipercaya memiliki manfaat sendiri-sendiri. Manfaat itu juga menunjukkan keikhlasan orang-orang yang membangun. Semakin ikhlas semakin memberikan manfaat kepada orang lain.

3. Dibangun Oleh Pasukan Jin Dalam Satu Malam

Mitos inilah yang paling berkembang di masyarakat. Pasalnya Masjid ini dibangun oleh pasukan jin dan hanya membutuhkan waktu satu malam. Namun faktanya pembangunan masjid ini telah berlangsung sejak tahun 1978. Dan pembangunanya sendiri melibatkan para santri di masjid tersebut. Masyarakat sekitar memang terkejut dengan kemunculan masjid ini karena pada saat pembangunanya,

4. Menelan Biaya Sebesar 800 M

Menurut kabar yang beredar, Masjid ini menelan biaya sekitar 800M. Perhitungan ini diasumsikan bedasar luas lahan sekitar 6,5 hektare, berarti uang yang dikeluarkan untuk pembebasan lahan mencapai Rp 26 miliar (400.000 x 65.000 meter persegi). Sementara itu, untuk biaya pembangunannya, diasumsikan Rp 2 juta per meter persegi. Dari lahan 6,5 hektare tersebut, sekitar 4 hektare sudah terisi bangunan. Dengan demikian, bangunan satu lantai menghabiskan dana Rp 80 miliar (2.000.000 x 40.000). Karena ada 10 lantai, berarti total dana yang dikeluarkan sekitar Rp 800 miliar (80 miliar x 10 ).

Instagram Post :


Lokasi Masjid Tiban Malang

Author:

InstaLiburan Adalah Sebuah blog yang menyediakan pengetahuan seputar dunia traveling dan berbagi destinasi wisata yang sangat di rekomendasikan.